RUMAH LEBAH

RUMAH LEBAH

  1. A.    Cara Membuat Rumah Lebah

Kandang lebah sebaiknya terbuat dari kayu ( kayu sengon dan kayu jati )yang bersipat tidak mudah panas,tidak mudah dingin dan tahan air hujan.

 

Langkah langkah pembuatan stup / kandang untuk lebah madu ialah.

  1. Membuat kotak pengeraman dengan papan 2 cm .Ukuran di bagian sisidalamnya 46,5 cm x 336,5 cm.Dibagian sisi depan berukuran 36,5 cm x 24 cm.pada bagian bawahnya di buat lubang untuk lalu lintas (keluar masuk) lebah dengan ukuran 10 cm x 1 cm.
  2. Di bagian bawah kotak pengeraman, dibuat papan alas (dasar) yang berukuran 53,5 cm x 40,5 cm,sehinga bagian sisi depan menonjol 3 cm. Tonjolan ini merupakan tempat pendaratan lebah sebelum masuk ke dalam stup.
  3. Pada dua sisi bidaang yang berhadapan berukuran lebar 36,5 cm, berjarak 3 cm .dari atas dipasaang bilah berukuran lebar 2 cm dan tebal 1,5 cm (3).bilah ini di gunakan untuk menggantungkan frame sarang lebah (4),sehingga frame tersusun lebih rapih.
  4. Membuat sarang madu (11) yang bagian dalamnya berukuran 46,5 cm x 36,5 cm. Kotak sarang madu ini sering disebut kotak super yang di pasang di atas kotak pengeraman,   dan dilengkapi bilah penggantung dan bingkai (freme).
  5. Di antara kotak pengeraman (I) dan kotak sarang madu (II) di letakkan penyekat dari kawat kasa yang berlubang kecil-kecil 4,2 mm (5). Penyekat ini berukuran 50,5 cm x 40,5 cm. Penyekat ini berfungsi untuk menghalangi lebah ratu naik ke kotak sarang madu, tetapi lebah pekerja masih bisa melewati lubang-lubang penyekat.
  6. Buat frame sarang lebah dari bahan papan yang berbentuk segi empat. Panjang bagian atas (termasuk tonjolan) berukuran 45 cm, panjang bagian bawah (tempat sarang madu) 43 cm, dan tinggi 20 cm. Papan frame berukuran 2 cm, tebal 1 cm kecuali tebal papan bagian penggantungnya 2 cm.
  7. Di bagian atas deretan gantungan frame pada kotak madu teratas, di pasang penyekat dari kawat kasa yang berlubang kecil (6) agar lebah pekerja tidak dapat menerobos ke atas (bagian tutup stup).
  8. Diatas kotak super dibuat atap agar kotak eram dan kotak madu terlindung dari sinar matahari dan air hujan (III). Pengaturan sirkulasi udara dapat dilakukan dengan membuat jendela yang agak lebar dan menutupnya dengan kawat kasa.
  9. Pada kotak lebah bersusun, di isi bagian luar dipasang bilah untuk menyambung antara kotak eram dan kotak sarang madu agar tidak mudah bergeser.

 

Kotak setup dianjurkan di atas tiang penyangga dengan tinggi 35 cm dari tahah.Di sekitar tiang di kasih kapur serangga agar terhindar dari gangguan .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s